Friday, March 30, 2012

Cara Membuat Blogroll Ala Blogger




Sebenarnya saya tidak ahli dalam blogger, maklum masih newbie. Namun saya  hanya berbagi pengalaman selama saya ngeblog. Pada kesempatan ini saya share Cara Membuat Blogroll Ala Blogger. Saya pakai judul Ala Blogger karena widget ini dari blogger. Sementara Blogroll sendiri adalah kumpulan URL beberapa blog lain yang bertautan dengan blog kita. Biasanya Blogroll disimpan di sidebar blog sehingga pengunjung dengan gampang mengunjungi URL Blog yang tertera. Cara Membuat Blogroll Ala Blogger biasanya dipakai sebagai salah satu fitur untuk link exchange atau bertukar link dengan blog lain guna menaikan pagerank. Cara Membuat Blogroll Ala Blogger sangat mudah karena sudah difasilitasi oleh blogger sendiri. Kita langsung ke tutorialnya:

1. Silahkan login ke blog Anda.
2. Kemudian Tata Letak >> Tambah Gadget >> Pilih Daftar Blog

 Cara Membuat Blogroll Ala Blogger


3. Kasih judul gadget seperti blogroll atau blog sahabat, atau apapun terserah Anda. Pada kolom Urutkan silahkan pilih secara alpabetis menurut judul blog, pada kolom tampilkan pilih semua blog, lalu centang icon dan biarkan yang lainnya kosong. Lalu klik pada tambahkan pada daftar blog anda kemudian silahkan isikan url blog yang Anda inginkan lalu klik tambahkan dan secara otomatis akan keluar nama blognya.
4. Kemudian save gadget dan lihat hasilnya di blog Anda. Dan secara otomatis akan muncul juga favicn dari masing-masing blognya.

Untuk menambahkan url lainnya silahkan edit gadget tersebut dan tambahkan urlnya.

Untuk menghemat ruang apabila ternyata url yang kita tambahkan cukup banyak, kita bisa tambahkan fungsi scroll pada gadget tersebut. Untuk cara membuat fungsi scroll pada widget blog akan saya share besok. Demikian Cara Membuat Blogroll Ala Blogger pada postingan saya kali ini mudah-mudahan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment