Friday, March 30, 2012

Cara Membuat Fungsi Scroll Pada Widget Blog

Cara Membuat Fungsi Scroll Pada Widget Blog

Pada postingan terdahulu cara membuat blogroll ala blogger, saya berjanji akan memposting Cara Membuat Fungsi Scroll Pada Widget Blog untuk menghemat ruang pada sidebar blogger. Tutorial ini sudah banyak di posting oleh banyak blogger. Namun untuk mengupdate postingan saya tentang trik blogger, maka kali ini saya sampaikan tutiroal tentang Cara Membuat Fungsi Scroll Pada Widget Blog.
  1. Silahkan login ke blog Anda.
  2. Jika widget yang akan diberi fungsi scroll belum diberi judul, silahkan masuk ke Tata Letak dan silahkan beri judul pada widget tersebut. Gunanya untuk memudahkan dalam pencarian widget pada edit HTML. Karena pemberian fungsi scroll akan dilakukan dengan edit HTML template blog.
  3. Silahkan masuk ke Template >> Edit HTML >> Lanjutkan >> Jangan lupa centang pada Expand Template Widget. Namun alangkah baiknya sebelumnya sebelum Edit HTML, back up dulu template blog Anda untuk menjaga bila ada kesalahan dalam pengeditan bisa dikembalikan ke template semula.
  4. Cari judul dari widget tersebut. Gunakan CTRL + F pada keyboard untuk memudahkan pencarian.
  5. Setelah ketemu widget tersebut, scroll ke bawah sedikit, cari kode <div class='widget-content'> kemudian tambahkan kode style='overflow:auto; height:350px' pada kode tersebut sehingga menjadi seperti ini <div class='widget-content' style='overflow:auto; height:350px'>. Angka 350 untuk menentukan tinggi widget di sidebar, silahkan rubah dan sesuaikan dengan kehendak Anda.
  6. Terakhir silahkan save template Anda dan lihat hasilnya.
Demikian postingan Cara Membuat Fungsi Scroll Pada Widget Blog kali ini mudah-mudahan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment