Monday, April 23, 2012

Gideon Sundback Di Logo Google


Bangun pagi saya langsung nyalakan kompi saya dan membuka firefox dan otomatis langsung terbuka halaman Google karena saya setting sebagai homepage browser saya. Ada yang menarik pada logo Google hari ini 24/4/2012, ada gambar ritsleting di tengah-tengahnya. 

Gideon Sundback Di Logo Google

Yang lebih menariknya ketika kita klik gambar resletingnya, akan terbuka otomatis seperti kita membuka ritsleting sungguhan.

Gideon Sundback Di Logo Google

Ternyata hari ini ulang tahunnya Gideon Sundback yang ke-132. Gideon Sundback merupakan seorang penemu Swedia-Amerika Serikat yang membuat kemajuan di bidang ritsleting antara tahun 1906 - 1914.  Tanpa jasa beliau mungkin kita tidak akan mengenal dan memakai ritsleting seperti sekarang ini.

Bernama lengkap Otto Fredrik Gideon Sundbck, belian lahir di Swedia. Dilahirkan dari saeorang ibu bernama Kristina Karolina Klasdotter dan ayahnya bernama Jonas Otto Magnusson Sundback, seorang petani kaya.

Meskipun bukan sebagai penemu pertama ritsleting, namun Gideon Sundback memberikan kemajuan di bidang pembuatan ritsleting yang juga menemukan mesin produksi ritsleting. Di tahun 1914 ia mengembangkan sebuah ritsleting versi baru yang diberi nama "No Hookless 2", yang merupakan logam ritsleting yang seperti kita kenal sekarang ini.


No comments:

Post a Comment