Tuesday, May 22, 2012

Bob Moog Sang Pelopor Musik Elektronik Pada Logo Google

Bob Moog Sang Pelopor Musik Elektronik Pada Logo Google

Hari ini Google menampilkan gambar piano elektronik pada logonya yang tentunya bisa kita mainkan dengan menekan tuts-nya, asyik bukan...? Momen hari ini Rabu, 23 Mei 2012 adalah dalam rangka memperingati hari lahirnya Sang Pelopor musik elektronik yaitu Bob Moog.

Bob Moog Sang Pelopor Musik Elektronik Pada Logo Google

Bob Moog adalah pencipta musik elektronik dan pencipta Moog Synthesizer. Terlahir dengan nama Robert Arthur Moog pada tanggal 23 Mei 1934 di New York City,  New York dan meninggal pada tanggal 21 Agustus 2005 pada usia 71 tahun di Asheville, North Carolina. 

Berasal dari New York City, Moog masuk Bronx High School of Science di New York, lulus pada 1952. Moog memperoleh gelar sarjana dalam bidang fisika dari Queens College, New York pada tahun 1957, lain di teknik listrik dari Universitas Columbia, dan Ph.D. di bidang teknik fisika dari Universitas Cornell. Penghargaan Moog meliputi gelar doktor kehormatan dari Institut Politeknik Universitas New York (New York City) dan Lycoming College (Williamsport, Pennsylvania)

Selama hidupnya, Moog mendirikan dua perusahaan untuk pembuatan alat-alat musik elektronik. Dia juga bekerja sebagai konsultan dan wakil presiden untuk penelitian produk baru di Kurzweil Sistem Musik 1984-1988, membantu untuk mengembangkan K2000 Kurzweil. Ia menghabiskan awal 1990-an sebagai profesor riset musik di University of North Carolina di Asheville.

Moog menerima Penghargaan Grammy untuk seumur hidup pada tahun 1970. Pada tahun 2002, Moog mendapat kehormatan dengan Merit Award / Grammy khusus Teknis, dan gelar doktor kehormatan dari Berklee College of Music.

Dia memberikan kuliahnya pada tahun 2004 di New Interfaces for Musical Expression (NIME-04), yang diselenggarakan di Hamamatsu, "Kota Alat Musik" ​​Jepang, pada bulan Juni, 2004. Moog adalah inspirasi di belakang Moog Film 2004.

Moog didiagnosa dengan tumor otak glioblastoma multiforme pada tanggal 28 April 2005. Hampir empat bulan kemudian, ia meninggal pada usia 71 di Asheville, North Carolina pada 21 Agustus 2005. Yayasan Bob Moog diciptakan sebagai peringatan, dengan tujuan melanjutkan karya hidupnya untuk mengembangkan musik elektronik.

Sumber

No comments:

Post a Comment